Program Studi Manajemen (S1) STIE Ieupaweda Berhasil Mempertahankan Peringkat Akreditasi B Dan Memperbaiki Skor Akreditasi

Akreditasi B

Program Sarjana (S1) Program Studi Manajemen STIE Isti Ekatana Upaweda (STIE IEUpaweda) Yogyakarta, berhasil mempertahankan Status : Terakreditasi,  peringkat  akreditasi  B dengan skor  347.  Keberhasilan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), nomer : 2028/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018, bertanggal 31 Juli 2018. Status Terakreditasi tersebut berlaku  5 (lima) tahun. Dengan status tersebut, berarti program studi ini sudah 4 kali berturut-turut memperoleh/mempertahankan Status Terakreditasi dengan peringkat B.

Hal yang sangat menggembirakan dari hasil ini adalah meningkatnya skor akreditasi yang cukup besar dari 324 menjadi 347. Ini berarti ada perbaikan yang cukup signifikan di dalam penyelenggaraan/pengelolaan program studi ini dari waktu-waktu sebelumnya. Bahkan dengan berdasar pada instrumen akreditasi yang berlaku saat ini (7 standar SN-Dikti), untuk meraih peringkat A hanya dibutuhkan tambahan 14 poin lagi.

Perolehan status Terakareditasi tersebut melalui beberapa tahapan yang cukup panjang, yaitu dimulai dengan penyusunan Borang Akreditasi yang dilakukan di bulan November 2017, Upload Borang pada SAPTO BAN-PT pada tanggal 4 Desember 2017, Perbaikan Borang pada tanggal 11 Januari 2018, dan Borang dinyatakan diterima   untuk di asesmen kecukupan (AK) pada tanggal 23 Maret 2018. Setelah menunggu kurang lebih tiga bulan,   pada tanggal 22 Juni 2018 terbitlah surat pemberitahuan dari BAN-PT mengenai Asesmen Lapang (Visitasi) oleh Asesor BAN-PT yang ditunjuk.

Asesmen Lapang telah dilakukan pada tanggal 19-21 Juli 2018, oleh 2 asesor BAN-PT, yaitu Dr. Dian Indiyati, dari Universitas Jendral Achmad Yani, Bandung, Jawa Barat dan Dr. Djumahir, dari Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur.

Dalam Asesmen Lapang (visitasi) ini melibatkan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) yang terdiri dari Dewan Pimpinan STIE IEUpaweda, Ketua Program Studi, Badan Penjaminan Mutu, Dosen, Tenaga Kependidikan, Staf Administrasi, Mahasiswa, Alumni dan Pengguna Lulusan.

Tujuan dari Asesmen Lapang adalah untuk memverifikasi atau konfirmasi faktual atas data-data dan informasi yang dilaporkan dalam Borang Akreditasi dan Evaluasi Diri. Dan hasilnya sangat menggembirakan, bahwa data dan informasi yang dilaporkan dalam borang tidak berbeda dengan kenyataan di kampus, bahkan banyak fakta di lapangan yang memberikan nilai lebih namun belum tercurahkan dalam laporan Borang.

Keunggulan Program Studi Manajemen STIE IEUpaweda

Dari hasil akreditasi tersebut, segenap dewan pimpinan STIE IEUpaweda, dan pengelola program studi masih mempunyai target bahwa pada Akreditrasi berikutnya harus menjadi lebih baik lagi, karena STIE IEUpaweda ini merupakan perguruan tinggi yang memiliki keunggulan atau keunikan tersendiri, yang tidak dimiliki program studi di perguruan tinggi pada umumnya. Keunggulan itu berupa konsentrasi di bidang manajemen yang sangat aplikatif, praktis dan sangat sesuai dengan kebutuhan dunia industri, dan dunia usaha; yaitu  konsentrasi di bidang manajemen yaitu manajemen transportasi udara, manajemen rumah sakit, manajemen farmasi. Ke depan sedang dipersiapkan untuk membuka konsentrasi baru, yaitu manajemen perhotelan, manajemen pariwisata, manajemen dan manajemen properti.

Penguatan dan pengembangan konsentrasi-konsentrasi ini sangat tepat untuk merespon kebutuhan Sumberdaya Manusia (SDM) di era revolusi industri 4.0 atau era disruption industry saat ini dan masa depan. Oleh karena itu, di dalam proses pendidikan di STIE IEUpaweda, selain teori yang diberikan di kelas, para mahasiswa juga dibekali dengan pengetahuan/ketrampilan praktis, melalui berbagai kegiatan, misalnya Kuliah Prektek Kerja, Kunjungan Industrial, penelitian yang terkait langsung dengan bidang konsentrasi yang dipilih. “Bandingkan dengan konsentrasi di program studi manajemen pada perguruan tinggi pada umumnya, yang lebih banyak menekankan pada aspek pemasaran, keuangan, SDM dan Operasional, Di sini berbeda”, kata Drs. Basuki, M.Si, Wakil Ketua I Bidang Akademik .  Di sini, semua konsep dasar ekonomi dan manajemen diberikan sampai 4 semester, dan matakuliah konsentrasi diberikan mulai semester 5 sampai selesai. (#sky)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of